Ratusan Anak TK Islam ‘Geruduk’ Kapal Perang Indonesia

0
28
Rombongan Murid TK Islam Terpadu Assyifa Jakarta Timur, bersama orang tua dan guru saat mengunjungi Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Jakarta, SN.com – Ratusan murid-murid Taman Kanak-Kanak menggeruduk Kapal Perang Republik Indonesia (KRI). Geruduknya murid TK ini dalam rangka kunjungan belajar (study tour) untuk mengenal tugas pertahanan dan keamanan para aparat TNI. Membawa bendera TK Islam Terpadu Assyifa Jakarta Timur, dalam kunjungan kali ini selain mengunjungi KRI, para murid juga berkesempatan mengunjungi Markas Komando (Mako) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kedatangan para pelajar tersebut diterima Perwira Staf Potensi Maritim (Spotmar) yang dipimpin Letkol Laut (KH) Abdul Wadud. Dalam kegiatan study tour, anak – anak TK sekolah Islam yang berjumlah 103 orang didampingi delapan orang guru dan tujuh belas orang tua murid yang mengawali kegiatannya di Mako Kolinlamil dengan mendapat penjelasan tentang TNI AL, profil dan tugas pokok Kolinlamil dari Mayor Laut (S/W) Vera N, S.E..

BACA JUGA  Sesuaikan Kuota Penerimaan Peserta Didik Baru, Kemendikbud Keluarkan Surat Edaran

Setelah mendapatkan penjelasan, para murid TK diantar untuk mengunjungi kapal perang yang sandar di Dermaga Kolinlamil, salah satunya KRI Teluk Hading 538, dan menerima penjelasan tentang kapal perang ex Jerman Timur tersebut. Selain itu murid TK juga diceritakan tentang kehidupan peraturan dinas dalam kapal perang, pengenalan anjungan kapal, haluan serta lounge room perwira dan melihat dari dekat persenjataan tempur yang dimiliki KRI Teluk Hading 538.

Anak-anak yang masih usia dini tersebut tampak sangat gembira dan riang saat diajak berkeliling kapal perang Kolinlamil ini.
Panglima Kolinlamil Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. mengatakan bahwa sudah seharusnya generasi muda utamanya sejak usia dini untuk diperkenalkan tentang dunia kemaritiman dan kebaharian sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia.

BACA JUGA  Sebanyak 90 Sekolah Turut Ambil Bagian di Alix Cup 2019

“Seharusnya anak-anak kita khususnya sejak usia dini untuk diperkenalkan dan merasakan suasana kehidupan maritim yang sejalan dengan jati diri bangsa kita yang merupakan bangsa bahari,” ujar Panglima Kolinlamil.

Usai naik dan berkeliling KRI Teluk Hading 538, para pelajar TKIT Assyifa ini berpindah ke kapal yang ukuran dan fungsinya berbeda yaitu KAL Nirwana III. Tak kalah serunya bagi mereka yang secara bergantian masuk dan berkeliling kapal yang berfungsi sebagai kapal patroli dengan daya kemampuan terbatas.

Pihak sekolah TKIT Assyifa, dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan bertujuan untuk memperkenalkan para pelajarnya tentang TNI Angkatan Laut, Kolinlamil terutama mengenal lebih jauh Kapal Perang TNI AL guna memupuk cinta dan kebanggaan dengan maritim sejak usia dini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here