Ciptakan Lingkungan Positif di Dunia Online: Panduan Keamanan di TikTok untuk Pemula

0
7
Ilustrasi Tik Tok (Istimewa)

Jakarta, SN.com – Teknologi saat ini telah mengubah cara kita beraktivitas, bekerja, dan belajar. TikTok, aplikasi terdepan di dunia untuk video berdurasi singkat, mendukung penggunanya untuk dapat mengabadikan dan membagikan momen berharga langsung dari ponsel. Untuk menciptakan lingkungan aplikasi yang positif, dimana semua orang merasa aman dan nyaman, berikut adalah beberapa tips dari Donny Eryastha, selaku Head of Public Policy Indonesia, Malaysia, and the Phillipines, yang dapat kamu aplikasikan di TikTok:

Jadikan Akun Privat

Dengan mengubah akun menjadi pribadi, Anda dapat mengizinkan atau menolak permintaan pengikut serta membatasi konten yang Anda unggah bagi pengikut Anda saja. Caranya mudah, Anda dapat mengunjungi tab Saya, kemudian Privasi dan Pengaturan, dan di bagian Privasi dan Keamanan, ubah akun menjadi Akun Privat. Sebagai tips, Anda lebih baik tidak menyertakan informasi pribadi ke dalam profil, karena informasi tersebut akan dilihat oleh semua pengguna lain, meskipun Anda telah mengaktifkan akun pribadi.

BACA JUGA  Aplikasi KPP Pasar Online Akan Hadir Untuk Pasar Tradisional

Lakukan Penyaringan

Mengaktifkan Mode Terbatas adalah salah satu pilihan dari tingkat pengaturan akun yang dapat membatasi tampilan konten, yang mungkin tidak sesuai dengan semua audiens. Anda juga memiliki kontrol terhadap akun Anda dengan menyaring siapa yang dapat berduet dengan Anda, siapa yang dapat memberikan komentar, siapa yang dapat melihat konten dan beberapa video Anda, serta Anda juga dapat menghapus komentar yang di-post di video Anda. Caranya cukup cek preferensi Anda di menu Privasi dan Keamanan.

Laporkan

Apabila Anda menemukan sesuatu yang dapat mengganggu Ketentuan Layanan, Anda dapat melaporkannya dengan mudah sehingga tim Moderasi TikTok bisa melakukan review dan mengambil tindakan tepat. Anda dapat melaporkan video, pengguna, atau komentar langsung dari aplikasi. Untuk memenuhi kebutuhan ini, TikTok Indonesia memiliki tim moderasi khusus yang standby selama 24 jam untuk menyortir video dan konten yang tidak pantas.

Terapkan Gaya Hidup Digital yang Sehat

Memberikan batas waktu mengonsumsi internet terkadang sangat bermanfaat. Dengan mengaktifkan Manajemen Waktu Layar, TikTok dapat mengingatkan Anda kapan harus berhenti dan kembali ke dunia nyata. Anda dapat menggunakan menu Kesejahteraan Digital di bagian Privasi dan Pengaturan untuk mengatur berapa lama waktu yang ingin Anda habiskan di TikTok. Apabila waktu sudah habis, akun Anda akan keluar secara otomatis.

BACA JUGA  Menhub Apresiasi Inovasi AISITS

Kata Sandi adalah Kunci

Sebaiknya pilih kata sandi yang kuat untuk akun online apapun, lindungi kata sandi Anda dari hal-hal mengenai situs pihak ketiga, dan pastikan untuk menggunakan kata sandi yang berbeda untuk layanan yang berbeda. Di TikTok, Anda dapat melakukan pelaporan dan meminta bantuan apabila Anda melihat hal mencurigakan yang menunjukkan akun Anda mungkin telah diretas.

Setiap orang dapat menjadi versi terbaik diri mereka ketika mereka merasa aman dan memiliki kontrol. Oleh karena itu, memahami Panduan Komunitas dan menaati fitur keamanan di setiap aplikasi adalah hal yang sangat bermanfaat bagi keamanan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here