Study : Generasi Milenium Jadi Generasi Paling Kesepian

0
30
Ilustrasi Generasi Milenial (Istimewa)

Inggris, SN.com – Baru-baru ini telah direlease hasil survey terbaru terkait dengan generasi milenial, yang disebutkan menjadi generasi paling kesepian sepanjang sejarah peradaban manusia. Diterangkan, hampir sepertiga orang antara usia 22 dan 37 mengatakan bahwa mereka selalu atau sering merasa kesepian dalam survei yang dilakukan oleh perusahaan riset yang berbasis di Inggris, YouGov.

Lebih jauh, dalam survey tersebut ditemukan secara komparatif, 20 persen gen X-ers dan 15 persen baby boomer mengatakan mereka merasa terisolasi. Yang lebih menyedihkan lagi, 20 persen generasi milenium lainnya mengatakan mereka yakin mereka tidak punya teman dan memiliki perasaan kesepian yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Terkait dengan hal tersebut, psikolog di seluruh dunia mengeluh bahwa masyarakat kini berada di tengah-tengah epidemi kesepian. Laporan kesepian yang semakin meningkat yang mendasari adalah seperti lingkaran setan. Isolasi yang dilakukan berdampak buruk pada kesehatan mental, yang pada gilirannya membuat orang menarik diri, yang pada gilirannya membuat mereka lebih terisolasi dan tertekan, dan seterusnya.

Isolasi disalahkan, karena berakibat pada melonjaknya tingkat kematian yang diakibatkan dari rasa putus asa, termasuk meminum obat hingga overdosis dan bunuh diri.

“Bukan karena generasi sebelumnya belum diisolasi. Faktanya, orang yang bisa dibilang lebih tua, banyak dari mereka tumbuh menjadi dewasa dengan lebih sedikit orang dalam kedekatan fisik, memiliki keterhubungan teknologi yang lebih sedikit,” katanya dalam survey tersebut, dikutip dari daily mail.

BACA JUGA  Faktor Jantung Koroner Menyerang

Milenium menghabiskan masa remaja dan, hingga dewasa dengan melalui hubungan menelepon, mengirim pesan teks, email, tweet, posting, IM dan live streaming satu sama lain dari mana saja di seluruh dunia.

Namun anggota gen X dan baby boomer mengatakan mereka memiliki lebih banyak teman daripada milenium yang percaya memilikinya.

“Tetapi, ketika ditanya berapa banyak teman yang mereka miliki, jawaban paling umum dalam ketiga generasi adalah antara satu dan empat. Sementara hampir seperempat milenium mengatakan mereka tidak memiliki teman tunggal, hanya 16 persen gen X-ers dan sembilan persen baby boomer mengatakan hal yang sama,” terang dalam survei.

Di sisi lain, gen X-ers hampir dua kali lebih mungkin untuk memiliki lebih dari 50 teman dibandingkan milenial. Hanya enam persen dari milenium mengatakan mereka memiliki 50 atau lebih teman, dibandingkan dengan baby boomer, 16 persen di antaranya memiliki jaringan sosial yang luas.

Persahabatan Tidak Sedekat Dulu

Baby boomer tampaknya hanya menjadi generasi yang ramah. Tiga persen dari 55 hingga 75 tahun mengatakan mereka memiliki lebih dari 50 teman dekat.

BACA JUGA  Awas... Ini 7 Hal yang Dapat Merusak Otak

Kurang dari satu persen generasi milenium merasa bahwa, mereka memiliki hubungan yang begitu hangat dengan begitu banyak orang. Ketika datang ke teman-teman terbaik, sebagian besar dari semua teman memilih antara satu dan empat. Meski begitu, 30 persen generasi milenium menjawab bahwa mereka bukan siapa-siapa yang mereka anggap sebagai teman terbaik, dibandingkan dengan 27 persen gen X-ers dan seperempat baby boomer.

Sayangnya dari survey yang dilakukan tidak membahas alasan mengapa anggota yang paling kesepian dari setiap generasi merasa sangat terisolasi. Tetapi para psikolog dan ilmuwan sosial melihat dengan cermat di media sosial, yang menurut banyak orang memicu perbandingan negatif. Hal tersebut bisa berarti bahwa, jika seorang milenial memiliki teman, mereka dapat melihat posting media sosial dari orang lain, menghabiskan waktu dengan ‘teman-teman’ mereka, dan mulai mempertanyakan kedekatan sejati hubungan mereka sendiri.

“Apa pun alasannya, generasi millenial sebaiknya mengambil petunjuk dari orang tua mereka dan bahkan kakek-nenek mereka, berteman dan memperkuat struktur jejaring sosial untuk membantu menjaga kesehatan mental mereka.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here