Senyum Sehat Hadir di CFD Bersama IDGAI, FKG UI, IRD dan Masyarakat

0
59
Senyum Sehat Hadir di CFD Bersama IDGAI, FKG UI, IRD dan Masyarakat.

Jakarta, SN.id – Senyum sehat hadir di Car Free Day pada minggu lalu.  Dengan tag line “Senyum Jakarta Sehat” Tim Pengabdi Masyarakat Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) yang diketuai oleh Dr. Mochamad Fahlevi Rizal, drg., Sp.KGA (K) bekerja sama dengan Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia Pengurus Daerah DKI Jakarta yang diketuai oleh Dr. Eva Fauziah, drg., Sp.KGA (K), dan Indonesia Rare Disease (IRD),mengajak masyarakat Jakarta untuk memahami bagaimana kesehatan gigi sejak dini.

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional 2019, acara ini sebagai upaya  untuk mendukung program Pemerintah “Indonesia Bebas Karies Tahun 2030”. Dr. drg. Mochamad Fahlevi juga menuturkan, kegiatan Baksos ini berangkat dari hasil Riset Kesehatan Kementerian Kesehatan Indonesia pada tahun 2019 yang menunjukkan tingginya prevalensi gigi berlubang pada anak sekolah sebesar 92,6%.

BACA JUGA  Prodia dan Abbott Sepakati Bermitra Selama 7 Tahun

“Hal ini ini menjadi perhatian kami para praktisi kesehatan gigi khususnya Dokter Gigi Spesialis Kesehatan Gigi Anak, mengingat minimnya informasi mengenai kesehatan gigi mulut Anak serta tingginya biaya pelayanan kesehatan gigi Anak. Maka melalui kegiatan ini kami ingin meningkatkan pemahaman dan kebiasaan masyarakat untuk memeriksakan dan memperbaiki kesehatan gigi dan mulut putra putrinya,” katanya.

Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia Pengurus Daerah DKI Jakarta Dr. Eva Fauziah, drg., Sp.KGA (K).mengatakan, IDGAI kebetulan juga memiliki program bakti sosial setiap tahunnya yang memang peringatannya dibarengi dengan Hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli.

“Jadi setiap tahun pasti kita punya kegiatan memang agenda kital, IDGAI itu untuk pengabdian masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA  RS. Yarsi Bidik Jadi Rumah Sakit Siaga Bencana

Kegiatan ini dikemas untuk keluarga berupa pemeriksaan gigi, penyuluhan kesehatan gigi bagi anak-anak, dan konsultasi gigi gratis yang dilakukan oleh Dokter Gigi Anak di DKI Jakarta, serta kegiatan hiburan berupa olahraga zumba dan hiburan pantomim cilik.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan harapan dapat memberikan edukasi sejak dini mengenai kesehatan gigi mulut Anak dan Orangtua. Sehingga dapat meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan gigi mulut dan dapat menurunkan angka terjadinya gigi berlubang pada Masyarakat Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here