Mengajarkan Kesehatan Gigi Sejak Dini Kepada Si Kecil

0
121
Murid T.K. Nurul Muttaqien, Depok, Jawa Barat, saat mengikuti pelatihan cara menyikat gigi.

Depok, SN.id – “Ayo…. Adik-adik bernyanyi sambil membersihkan tangan dulu ya…!” begitu ungkap para relawan yang tergabung dari Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Anak Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia bekerja sama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyararakat (DRPM) Universitas Indonesia, kepada para adik-adik T.K. Nurul Muttaqien, Depok, Jawa Barat, (23/7).

Mengajarkan kebiasaan untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya kesehatan gigi dan mulut menjadi perlu, saat kesehatan sejak dini tersebut berpengaruh besar di usia dewasa.

“Gosok bagian depannya bulat-bulat. Lagi, terus yang rata ya nak, hingga samping kanan kiri dan bagian belakangnya. Jika sudah, buka semua, gosok depan belakang, depan belakang. Semua bagian permukaan harus disikat agar bersih. Selanjutnya kumur yang bersih ya, jangan tertelan,” tutur sang relawan yang sebagian besar didominasi oleh kaum Hawa ini.

BACA JUGA  Study : Generasi Milenium Jadi Generasi Paling Kesepian

Seperti halnya yang diungkapkan oleh  Ketua Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Anak Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia Dr. Eva Fauziah, drg., Sp.KGA(K), keberadaan gigi susu menjadi hal yang sangat penting. Bagaimana tidak, ketika gigi susu bermasalah hingga ke tingkat syaraf gigi yang akhirnya menjadi akses, berlanjut kepada gigi tetapnya kelak.

“Saat gigi susu bermasalah hingga menjadi akses, tulang gigi tetap akan rusak yang mengakibatkan berubahnya struktur gigi, berubahnya posisi gigi dan lain-lain,” terangnya.

 

BACA JUGA  Awas... Ini 7 Hal yang Dapat Merusak Otak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here