Besarnya Potensi Berinvestasi Pertanian di Kabupaten OKI

0
19
Ketua Suta Nusantara Kabupaten OKI Sumatera Selatan

Oleh : Tobroni SE
Ketua Suta Nusantara Kabupaten OKI Sumatera Selatan

Lipsus, Stemlannews.com – Potensi yang cukup besar di Kabupaten OKI Sumatera Selatan belum diiringi dengan eksplorasi lahan secara maksimal. Lahan yang masih luas, faktor alam yang mendukung, menyempurnakan OKI sebagai wilayah tepat dalam meningkatkan agro industri yang menjadi kebutuhan masyarakat banyak.

Bisa dibayangkan Luas Kabupaten OKI yang mencapai 19.024 Km2, tersedia lahan pertanian 188.000 Hektar. Namun, besarnya luas lahan tersebut menurut data dari BPS Provinsi Sumatera Selatan, baru hanya sekitar 53.835 Hektar saja yang menjadi lahan produktif. Bahkan seiring berjalannya waktu, luas lahan tersebut terkikis hingga dalam lima tahun terakhir, lahan sawah berkurang sekitar 52 persen, akibat dari alih fungsi lahan dari persawahan menjadi lahan perkebunan.

Pada dasarnya masyarakat OKI memiliki culture sebagai petani. Untuk itu, permalasahan terkait dengan Sumber Daya Manusia, bukan lagi menjadi permasalahan pelik, hanya tinggal dibutuhkan keseriusan dalam pengelolaan secara profesional.

Saat ini di bawah Komando H. Iskandar SE, selaku Bupati Kabupaten OKI, Pemda OKI mulai memfokuskan diri dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui program ‘Membangun OKI dari Desa’ dengan menitik beratkan pada pembangunan lahan persawahan. Baik melalui extensifikasi maupun intensifikasi.

BACA JUGA  Ini Penjelasan Jasa Marga Mengenai Berita Hoax Struk Bukti Transaksi Tol

Data Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten OKI, Syarifudin, SP, M Si. Program Pemda OKI melakukan cerak sawah baru sehingga Tahun 2018 total lahan pertanian sudah mencapai 186.326 Hektar dengan target produksi padi sebanyak 851.511 ton gabah kering giling.

Melanjutkan pencapaian di tahun 2018 tersebut, di Tatun 2019 ini, turut dikembangkan kembali lahan persawahan baru seluas kurang lebih 67.000 Hektar. Tentunya, dengan potensi bidang pertanian Kabupaten OKI yang cukup besar diharapkan hasil gabah menjadi surplus dan Kabupaten OKI bisa menjadi salah satu daerah yang dapat mendukung ketersediaan pangan Nasional.

Melihat potensi pertanian yang cukup besar ini, Suta Nusantara ikut ambil bagian. Dengan tak mau ketinggalan, Suta ikut berperan serta mendukung program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan. Suta Nusantara Kabupaten OKI, di Tahun 2019 ini telah melakukan koordinasi dengan Suta Nusantara Pusat dengan merencanakan pembangunan kawasan Persawahan Modern dengan sarana dan prasarana penunjang yang lengkap beserta lahan, melalui kerjasama dengan kelompok tani yang sudah ada.

BACA JUGA  30 Tagana Diterjunkan di Tangkuban Perahu

Terget yang ingin dicapai tentunya dengan mencetak lokasi sawah baru yang ditargetkan luas lahan berkisar 400 hingga 600 Hektar, dengan rata-rata target produksi gabah kering 7 Ton/Hektar. Atas dasar itulah Suta Nusantara Kabupaten OKI, mengajak para pelaku usaha bidang pertanian uuntjk dapat ikut serta berinvestasi di Kabupaten OKI yang memiliki ketersediaan lahan masih sangat luas dan subur. Tentunya hal ini didukung oleh Pemda OKI, yang membuka seluas-luasnya bagi para investor yang ingin berinvestasi khususnya di bidang pertanian, bidang agro industri dan agro wisata.

Dengan dibangunnya TOL Trans Sumatera yang melintasi wilayah Kabupaten OKI, yang rencananya akan beroperasi di awal Tahun 2020 ini, maka akan memudahkan angkutan hasil pertanian kesemua jurusan baik wilayah Sumatera maupun ke Jawa. Tentu ini menjadi salah satu potensi besar yang cukup baik dalam roda bisnis nantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here