Tutupnya Giant Jatimakmur

0
62
GIANT TUTUP 10- Kuncoro Widyo Rumpoko

Bekasi, Stemlannews.com – Giant yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia berarti raksasa, akhirnya harus tumbang di tengah-tengah beragam isu perekonomian yang terjadi di tanah air. Tentu menjadi perhatian besar, Giant yang berada di bawah bendera PT Hero Supermarket Tbk (HERO), karena bukan hanya satu took yang ditutupnya. Sekitar 6 gerai dikabarkan ditutup beroperasi di tanah air.

Perusahaan yang melantai di pasar modal sejak 1989 ini memang memiliki beberapa jaringan ritel besar, seperti Apotek Guardian, serta bekerja sama dengan perusahaan asal Swedia untuk mengembangkan IKEA. Namun Giant merupakan salah satu jaringan supermarket andalan perusahaan.

Jika melihat ke belakang, kinerja HERO terbilang buruk. Perusahaan sudah mengalami kerugian sejak 2 tahun yang lalu.

BACA JUGA  “Hanya Hasan yang Tersisa”

Pada 2017 HERO tercatat mengalami kerugian sebesar Rp 191 miliar. Kondisi ini berbanding terbalik dengan 2016 yang pada saat itu perseroan mampu membukukan laba bersih Rp 121 miliar.

Giliran Giant Jatimakmur menyusul rekan-rekannya untuk ditutup beroperasi. Bisnis makanan HERO Group mengalami penurunan penjualan 7% menjadi Rp 10,8 triliun karena penjualan like-for-like yang negatif akibat melemahnya kinerja supermarket dan hypermarket. Perseroan mencatat kerugian operasional underlying sebesar Rp 434 miliar dibandingkan dengan laba Rp 91 miliar di tahun sebelumnya.

6 supermarket Giant yang kabarnya bakal ditutup,
1. Giant Ekspres Cinere Mall
2. Giant Ekspres Mampang
3. Giant Ekspres Pondok Timur
4. Giant Ekstra Jatimakmur
5. Giant Ekstra Mitra 10 Cibubur
6. Giant Ekstra Wisma Asri.

BACA JUGA  Merenda Kemanusiaan Dari Imigran Afghanistan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here