Ericsson Gandeng Telkomsel Bangun Infrastruktur 5G di Indonesia

0
42
Ilustrasi Kerjasama Ericsson dan Telkomsel Bangun Infrastruktur.

Teknologi, Stemlannews.com – Ericsson menyatakan telah melakukan kerjasama dengan Telkomsel untuk membangun infrastruktur jaringan 5G di Indonesia.

Perusahaan ponsel asal Swedia tersebut, melalui akun resminya menyatakan Telkomsel memilih jaringan inti NFV Infrastructure (NFVI), sebagai jaringan miliknya dalam rangka meningkatkan jaringan inti utama. NFVI untuk memungkinkan Telkomsel meningkatkan jaringan 5G.

“Kami akan bekerja sama dengan Telkomsel dalam evolusi mereka ke 5G. Sebagai platform utama untuk 5G Core, solusi NFVI dan Cloud Packet Core kami akan membantu memenuhi kebutuhan pelanggan Telkomsel yang terus berkembang,” tulis Kepala Ericsson Indonesia, Jerry Soper dikutip dari keterangan rilis, Kamis (13/6).

Dengan meningkatnya kecepatan Radio Access Network (RAN) serta kebutuhan akan latensi yang rendah, Ericsson sebagai penyedia layanan juga menghadapi kebutuhan untuk mengembangkan jaringan inti menjadi arsitektur yang lebih maju dan fleksibel mencakup distribusi hingga ke network edge.

BACA JUGA  PT ISA Resmi Boyong Mirai Car ke Indonesia

Ericsson menyebut penyebaran solusi NFVI Ericsson dan Cloud Packet Core merupakan langkah yang baik menuju jaringan Telkomsel 5G Ready.

Dihubungi terpisah, Vice President Network Cloud Management Telkomsel Ivan C Permana mengatakan implementasi teknologi jaringan 5G secara komersial bakal ditentukan oleh kesiapan seluruh ekosistem seperti alokasi spektrum yang saat ini tengah dikaji oleh pemerintah.

“Implementasi teknologi 5G secara komersial akan ditentukan oleh kesiapan seluruh ekosistem, termasuk alokasi spektrum yang saat ini sedang dikaji lebih lanjut oleh pemerintah. Dalam hal kerjasama, Telkomsel terbuka dengan semua mitra,” ujar Ivan dikutip dari CNN.

Lebih lanjut Ivan mengatakan salah satu cara untuk mewujudkan jaringan 5G di Indonesia ialah dengan meningkatkan jaringan inti (core network). Tak hanya untuk 5G, jaringan inti itu juga berfungsi sebagai pengembangan layanan IoT (Internet of Things) Telkomsel.

BACA JUGA  MediaTek Luncurkan Helio Pg5 Arsitektur Delapan Inti

“Sebagai contoh dalam meningkatkan core network yang merupakan salah satu upaya untuk mempersiapkan 5G dan pengembangan layanan IoT Telkomsel,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here