Kearifan Lokal Sasak Dari Sudut Sade

0
104
DESA SADE 4-Foto by Kuncoro Widyo Rumpoko

Sade, Agriculturenews.com – Lombok yang berada di wilayah timur Bali, menjadi salah satu tujuan wisata para wisatawan baik dari luar maupun dari dalam negeri. Bukan tanpa sebab Lombok menjadi tujuan wisata. Kearipan lokal menjadi dayak tarik bagi turis-turis yang datang mengunjungi Lombok. Ada satu Desa bernama Sade, yang hingga kini masih berpegang teguh dalam menjaga kearifan lokal yang dimiliki suku Sasak, penghuni Lombok.

Desa Sade adalah salah satu tujuan kunjungan ke Lombok kali ini. Karena penduduknya masih menjaga keutuhan budaya dan pola hidup yang diwarisakan leleuhur mereka sejak 600 tahun yang lalu seperti bentuk bangunan, adat istiadat, tarian dan permainan musik, gaya berpakain dan penggunaan perlatan untuk keseharian mereka masih dalam kategori tradisional.

BACA JUGA  Tradisi Syawalan di Kendal, Jadi Pariwisata Religi Daerah

Bisa dibilang, Sade adalah cerminan suku asli Sasak Lombok. Yah, walaupun listrik dan program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dari pemerintah sudah masuk ke sana, Desa Sade masih menyuguhkan suasana perkampungan asli pribumi Lombok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here