Pantau Hari Pertama Kerja ASN, MenPANRB Tegaskan Akan Beri Sanksi Tegas

0
50
Menteri PAN RB Syafruddin, saat memberikan keterangan pers-nya di hadapan awak media yang bertempat di Ruang Command Center Kementerian PAN RB.

Jakarta, Stemlannews.com – Pantau Hari Pertama Kerja setelah libur Cuti Lebaran, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin, menegaskan akan memberikan sanksi tegas kepada para Aparat Sipil Negara (ASN) yang melakukan mangkir kehadiran di hari pertama kerja tanpa informasi yang jelas.

Dalam penyampaiannya, Menteri menegaskan memberikan batas waktu pelaporan hingga pukul 15.00 WIB hari ini, Senin (10/6).

“Memberikan batas waktu sampai jam 3 sore seluruh instansi yang jumlahnya 543 instansi, di mana Kementerian dan Lembaga 88 di tingkat pusat,” terangnya kepada awak media, di Command Center Kementerian PAN RB.

“Masing-masing di instansi diabsen baru dilaporkan ke kita,” tambahnya.

Terkait dengan hukuman yang diterima oleh para ASN yang tidak hadir di hari pertama tanpa informasi yang jelas, Menteri, menjelaskan ada beberapa point yang akan diterima ASN sesuai dengan kesalahan yang dilakukan.

BACA JUGA  Komitmen CCAI Bangun Bisnis dan Berkelanjutan Tergambar di Partner for Growth Award 2019

“Hukum disiplin ada beberapa point. Pukul 15 akan kita tentukan hukuman yang pantas. Paling tidak teguran dari pimpinannya. Teguran akan dicatat. Hukuman apa kategorinya, berat, sedang atau ringan. Bagi ASN teguran akan sangat berat, karena akan direcord untuk dievaluasi, baik jabatan dan tunjangan. Jadi tidak dan lagi main-main. Semua serba teknologi dan penegakkan disiplin semakin ketat,” tegasnya.

“Ini masih berproses karena kita masih memberikan waktu sampai pukul 15.00 WIB. Kita akan analisis dan simpulkan instansi mana ASN-nya yang bolos dan nanti setelah itu kita akan dapatkan untuk menentukan sanksi individu,” pungkasnya.

Setelah memberikan keterangan pers, Menteri Syafruddin, melakukan sidak ke beberapa Kantor di wilayah Jakarta untuk melihat secara langsung kegiatan di hari pertama setelah libur Idul Fitri 2019.

BACA JUGA  Listrik Padam KKI Akan Ajukan Gugatan

Sebelumnya Menteri PAN RB telah mengeluarkan surat no. B/26/M.SM.00.01/2019 tentang Laporan Hasil Pemantauan Kehadiran Aparatur Negara Sesudah Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Surat tersebut ditujukan kepada para Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Instansi Pusat dan Daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here