Kiat Farhan Raih Nilai Sempurna

0
18
Farhan saat bersama keluarga (Kemendikbud)

Makassar, Stemlannews.com – Memperoleh nilai 100 bukan saja menjadi kebanggan bagi seseorng yang memperolehnya. Namun, nilai tersebut dapat menggambarkan bagaiaman cara belajar yang dilakukan menjadi pembelajaran sempurna bagi seluruh masyarakat terutama bagi kaum muda yang sedang menuntut ilmu di bangku pendidikan, seperti halnya yang diraih Farhan dalam menuntaskan soal-soal Ujian Nasional (UN) 2019, lalu.

Dalam UN tahun 2019 pada mata pelajaran Bahasa Inggris, siswa SMA Negeri 5 Gowa Sulawesi Selatan, memperoleh nilai 100 atau nilai sempurna, atas nama Andi Muh. Farhan Fadillah Rusdi. Siswa yang akrab dipanggil Farhan tersebut mengungkapkan bahwa salah satu kiatnya dalam belajar melalui dari berbagai sumber.

Selain belajar di sekolah, Farhan juga mengikuti kursus Bahasa Inggris di salah satu lembaga kursus di Makassar Sulawesi Selatan.

BACA JUGA  Kepincut Sengon dan Cabai, Safina Berkesempatan ke Amerika

“Sejak SD belajar di lembaga kursus ini. Dulu juga pernah mengikuti kursus Bahasa inggris di Kediri Jawa Timur,” kata Farhan di rumahnya, dikutip dari laman Kemendikbud.

Farhan juga selalu mengasah kemampuannya berbahasa Inggris melalui media sosial Youtube, permainan (game), film, dan musik. “Sering melakukan percakapan bahasa inggris, baik di sekolah pada English Day, maupun di komunitas antarnegara,” kata siswa yang pernah menimba ilmu di Amerika Latin selama sepuluh bulan sebagai peserta pertukaran pelajar pada tahun 2017 tersebut.

Ayah Farhan, Andi Rusdi, mengatakan pentingnya pendidikan nonformal dan informal untuk mendukung pendidikan formal anaknya.

“Pendidikan nonformal berfungsi sebagai alternatif, penambah, dan pelengkap dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Hal tersebut telah dilakukan oleh Farhan pada pelajaran Bahasa Inggris,” kata Andi Rusdi yang merupakan Kepala BPPAUD dan Dikmas Sulawesi Barat tersebut. Ia berharap kiat belajar Farhan tersebut ditiru juga siswa-siswa lain yang ingin sukses menempuh Ujian Nasional.

BACA JUGA  Zonasi, Zona Siswa Pintar?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here