Ini Kata Studi Jika Ingin Pintar Berbahasa Asing

0
28
Ilustrasi Bahasa Asing di seluruh dunia (foto by pixabay)

Pendidikan, Stemlannews.com – Kepandaian dalam berbahasa asing terkadang menjadi salah satu nilai tinggi bagi seseorang. Baik dalam dunia sosial maupun dalam karier. Terlebih dalam dunia globalisasi saat ini, kemampuan akan berbahasa asing sepertinya sudah tidak dapat ditawar-tawar lagi.

Di Indonesia, bahasa asing bukan hanya bahasa Inggris saja. Bahasa lain seperti Mandarin, Arab, Prancis, Spanyol, dan Jepang semakin diperlukan mengingat bahasa-bahasa tersebut memiliki pengaruh besar di dunia dan banyak digunakan untuk kepentingan bisnis ataupun pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Dikutip dari studi MIT dan Harvard, anak-anak masih bisa belajar tata bahasa dari bahasa asing dengan baik hingga mencapai usia 17 atau 18 tahun. Namun, untuk mencapai kefasihan layaknya seorang ‘native’, maka bahasa asing harus diajarkan sebelum usia 10 tahun.

BACA JUGA  Sesuaikan Kuota Penerimaan Peserta Didik Baru, Kemendikbud Keluarkan Surat Edaran

asisten profesor psikologi dari Boston College Joshua Hartshorne, mengatakan hasil studi tersebut cukup mengejutkan. Sebab semula para ahli meyakini kemampuan belajar bahasa akan turun pada saat remaja. Tapi, kenyataannya, hasil studi ini menunjukkan remaja masih bisa belajar bahasa asing dengan baik hingga usia 18 tahun.

“Selama ini terjadi perdebatan kapan kemampuan belajar bahasa menurun? Apakah sejak lahir, usia 5 tahun atau saat pubertas,” kata Hartshorne, dilansir Newsweek.

Hasil penelitian ini didapatkan setelah dilakukan tes terhadap 670 ribu peserta yang berbahasa ibu selain bahasa Inggris dan mereka belajar bahasa Inggris pada usia yang berbeda. Mereka diminta untuk mengisi kuis tata bahasa Inggris.

BACA JUGA  Papua Barat Jadi Pusat Pendidikan Kebangsaan

Hal lain yang perlu diketahui adalah jawaban dari kenapa kemampuan seseorang untuk belajar bahasa asing menurun pada usia tertentu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here