10 Cara Menumbuhkan Minat Baca Ala Kemendikbud

0
65
Ilustrasi dalam rangka meningkatkan minat baca kepada generasi muda/milenial (Foto Pixabay)

Pendidikan, Stemlannews.com – Buku merupakan jendela dunia, dimana melalui buku kita akan mengetahui bagaimana perkembangan dunia dari waktu ke waktu. Walaupun buku diibaratkan sebagai jendela dunia, tidak serta merta melihat buku akan mengerti aka nisi buku tersebut. Cara yang paling efektif dalam memahami isi buku tentunya dengan cara membaca. Namun, kenyataannya dari waktu ke waktu minat baca dari generasi ke generasi dirasa terus berkurang. Untuk itu diperlukan tips dalam meningkatkan minat baca tersebut.

Berikut 10 cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat baca yang diinfromasikan oleh Kemendikbud :

  1. Berikan tugas membaca dan anda ikut juga didalamnya

Jika para guru dan orang tua ingin meningkatkan minat baca anak dan siswa nya maka kita juga harus ikut membaca juga. Seperti pepatah yang kita sering dengar guru adalah orang yang digugu dan ditiru, sehingga ketika kita ikut terlibat maka siswa akan mengikutinya.

  1. Membacalah sebagai kesenangan

Langkah selanjutnya dengan menjadikan membaca sebagai suatu kesenangan, caranya dengan memberikan bacaan yang berisi cerita dongeng, cerita novel, informasi, petunjuk, hubungan dengan orang lain, dan sebagainya. Usahakan menambah bacaan setiap harinya walaupun hanya setengah halaman.

  1. Bagikan pengalaman membaca Anda

Berbagi pengalaman dengan sesama guru, apa yang pernah mereka alami kemudian membagi pengalamannya kepada siswa. Katakan kepada mereka apa yang telah Anda baca, apa yang telah Anda dapatkan atau pelajari dari teks-teks ini, apa yang Anda rekomendasikan.

  1. Ajak siswa untuk saling beriteraksi dengan temannya
BACA JUGA  Juni Hingga Agustus Pemerintah Buka Banyak Lowongan Beasiswa

Ciptakan sebuah kelompok baca sangat membantu minat baca siswa. membuat sebuah kelompok baca kemudian memberikan literatur bacaan kepada mereka dan saling menceritakan apa yang menarik dari bacaanya kepada temannya.

  1. Membuat sebuah piknik membaca

Aturlah sebuah kegiatan piknik dekat alam sekitar khusus untuk membaca, persiapkan buku yang akan dibaca siswa baik oleh guru atau siswa itu sendiri. Dengan kondisi alam yang berbeda akan membantu siswa untuk meningkatkan minat bacanya.

  1. Lakukan kunjungan pustaka

Melakukan kunjungan keperpustakaan adalah salah satu cara lain meningkatkan minat baca siswa. Aturlah Kunjungan ke beberapa perpustakaan terdekat, baik itu pustaka universitas atau toko buku. Kita melakukan ini bukan untuk membeli buku, tetapi untuk melihat-lihat, atau memegang buku-buku yang tersedia disana.

  1. Kontak penulis berbicara walau melalui email

Seperti halnya menonton film seandainya bertemu artisnya itu adalah hal yang paling menyenangkan apalagi sempat berfoto. Begitu juga dengan penulis buku, kalau anak bisa mendapatkan sebuah balasan email dari penulis dengan begitu timbul penasaran buku apa saja yang ditulisnya sehigga timbul niat membaca keseluruh buku penulis tersebut.

  1. Buat permasalahan yang berhubungan dengan bacaan
BACA JUGA  Wagub Jabar : Anak Usia Sekolah Wajib Sekolah

Permasalahan yang saya maksud bisa berhubungan dengan sejarah, politik, agama ataupun ekonomi. Contoh “kenapa dahulu timbulnya perbudakan”? berikan mereka tugas itu untuk membaca kenapa itu terjadi, dari mana dasarnya. Suruh mereka menggali informasi tentang itu sebanyak-banyak?. Contoh lain “Apa yang menyebabkan perbedaan kurs mata uang berbeda-beda disetiap negara”. Masih banyak hal yang lain silahkan di explore sendiri

  1. Pelajari tentang kebutuhan tertentu untuk siswa tertentu

Setiap siswa berbeda pola pikir, berbeda pula pendekatan yang cocok untuk kita terapkan. Oleh karena itu seorang guru harus tahu berbagai macam metode dan teknik untuk diterapkan kepada anak yang berbeda. Maka saya sarankan anda membaca quantum teaching dan quantum learning.

  1. Ajarkan strategi membaca

Terahhir, saya yakin dan percaya bahwa semua guru, punya strategi berbeda dalam membaca, tapi yang penting harus bertanggung jawab untuk mengajar membaca. Siswa tidak akan senang membaca jika mereka tidak tahu bagaimana cara melakukannya. Tidak ada yang suka melakukan sesuatu yang sangat sulit. Kita harus memberi mereka keterampilan membaca pada saat yang sama kita telah menumbuhkan minat mereka membaca.

Dengan mempraktekkan strategi meningkatkan minat baca siswa diatas, diharapkan siswa dapat memiliki minat bacat yang sustainable atau berkelanjutan demi melahirkan generasi yang gemar membaca kelak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here